Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Apa itu Karburator ? Pengertian, Komponen, Jenis, Fungsi dan Tips Merawat Karburator

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Karburator

Apa itu Karburator ?

Karburator adalah tempat mengabutkan campuran bensin dan udara agar dibakar dalam ruang bakar. Karburator berfungsi mencampur dan mengatur campuran antara bensin dan udara agar mencapai campuran yang sesuai untuk pembakaran mesin.

Adapun komponen - komponen karburator terdiri atas;

1.    Pelampung;

Pelampung bensin berfungsi untuk mengatur ketinggian bensin dalam karburator. Jika ketinggian bensin dalam karburator berlebihan akan membuat mesion banjir. Kerena itu pelampung dapat disetel. Adapun penyetelannya adalah dengan menekuk ke atas atau ke bawah lidah pada pelampung. Pelampung dapat juga bocor, jika pelampung bocor maka pelampung akan selalu tenggelam dalam bensin. Namun ada juga pelampung yang tidak bisa distel, biasanya lidah pelampung ini terbuat dari plastik. Contoh pelampung yang tak bisa disetel adalah pelampung pada karburator sepeda motor Honda.

2.    Katup Jarum;

Pelampung dan katup jarum adalah satu unit kesatuan. Katup jarum berfungsi untuk menutup lubang saluran bensin ke ruang pelampung. Jarum pelampung menutup saluran bensin, karena adanya tekanan dari lidah pelampung. Jarum pelampung yang sudah aus dapat membuat penutupan pada saluran bensin tidak rapat. Sehingga bensin terus bensin mengalir ke dalam ruang pelampung yang menyebabkan bensin menjadi banjir dalam mesin.

3.    Baut penyetel udara;

Baut penyetel udara berfungsi untuk menyetel putaran idle (stasioner). Penyetelannya dengan memutar baut ke kiri atau ke kanan. Apabila baut penyetelan sudah aus, maka putaran idle sulit didapatkan karena udara kan mengalir melalui celah - celah yang aus tersebut.

4.    jarum skep;

Jarum skep adlah jarum yang terpasang pada skep sepeda motor. Jarum skep ini dapat disetel dengan memindahkan posisi ring dari jarum skep tersebut. Penyetelan jarum skep ini akan menentukan jumlah campuran dari bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Pilot jet dan main jet; Komponen ini berfungsi untuk mencampur bensin dan udara, di mana pilot jet mencampur udara pada putaran rendah dan main jet mencampur udara pada putaran tinggi.

Tips Memeriksa, Menyetel dan Merawat Karburator pada Sepeda Motor

Seperti telah kita ketahui dalam postingan sebelumnya tentang karburator, bahwa karburator memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan tenaga mesin. Maka perlulah kita melakukan pemeriksaan , penyetelan dan perawatan dari karburator secara berkala. Pemeriksaan , penyetelan dan perawatan karbuarator ini akan menentukan kehematan dari bensin yang digunakan pada sepeda motor.

Adapun langkah - langkah pemeriksaan, penyetelan dan perawatan karbuarator adalah sebagai berikut;

1.     Tutup kran tangki bensin.

2.     Kuras bensin di dalam karburator.

3.     Lepas karburator dari intake manifold(saluran masuk).

4.     Bongkar bagian - bagian karburator.

Periksa komponen - komponen dari karburator sebagai berikut;

1. Apakah baut setelan udara masih baik? Atau sudah aus? Jika baut penyetel udara sudah aus, gantilah baut penyetel udara tersebut. Karena baut udara yang sudah aus akan membuat penyetelan pada putaran stasioner menjadi tidak sempurna atau baik.

2. Periksa apakah jarum pelampung sudah aus atau masih baik? Jika sudah aus , gantilah dengan yang baru! Jarum pelampung yang sudah aus, membuat bensin terus masuk ke dalam ruang pelampung. Hal ini akan membuat mesin menjadi banjir.

3. Apakah pelampung masih baik atau sudah bocor? Jika bocor gantilah dengan yang baru. Adapun pemeriksaan pelampung ini dengan mengocoknya di telinga kita dan mendengarkan apakah ada suara dari pelampung tersebut. Jika ada suara kemericik dari pelampung, berarti pelampung sudah bocor. Pelampung yang bcor akan membuat mesin mejadi banjir, karena bensin teus masuk ke dalam ruang pelampung.

4. Apakah jarum skep sudah aus atau masih baik? Jika jarum skep sudah aus, maka harus diganti. Jarum sekp yang sudah aus akan mempengerahi campuran bensin dan udara yang masuk ke dalam mesin. Terutama kita tidak dapa membuat mesin dalam putaran langsam yang baik, karena cenderung mesin akan berada dalam rpm tinggi terus.

5. Semprot dan periksa semua lubang pada saluran karburator! Apakah ada kotoran yang menyumbat lubang saluran dari karburator tersebut, karena lubang saluran yang tersumbat ini akan membuat bensin susah keluar dari ruang pelampung untuk bercampur dengan udara yang masuk ke dalam mesin. sehingga mesin cenderung majadi boros bensin dan sulit dihidupkan. Semprot pilot jet dan main jet dengan kompresor. Agar Main jet dan pilot jet bersih, dan mampu melakukan prosen pencampuran bensin dan udara dalam campuran yang sempuran dan baik.

6. Pasang kembali kembali semua komponen karburator yang dibongkar. Dan jangan sampai ada yang tertinggal

7. Setel ketinggian pelampung: Penyetelannya adalah dengan membengkokanlidah pelampung ka atas atau ke bawah. Penyetelan pelampung untuk setiap sepeda motor adalah tidak selalu sama, namun kita dapat melakukan penyetelan dengan cara yang hampir mendekati standarnya yaitu sebagai berikut;

Ø  Balik posisi dari karburator, sehingga unit pelampung berada diatas karburator.

Ø  Lihat apakah posisi pelampung sejajar dengan garis horisontal. Jika tidak lakukan penyetelan penyetelan dengan membengkokan lidah pelampung.

Ø  Untuk memriksa kerapatan jarum pelampung. tekanlah pelampung sekedarnya. Kemudian tiup slang masuk ke dalm karburator dan rasakan apakah ada udara yang keluar lewat jarum pelampung. Jika ada terasa keboran udara lewat jarum pelampung, maka gantilah jarum pelampung tersebut.

8. setel posisi ring pada jarum skep. Penyetelan ini disesuaikan dengan kondisi dari sepeda motor anda. Jika posisi ring ditempatkan paling atas, maka campuran bensin dan udara menjadi cenderung kerus. Dan jika campuran bensin dan udara ditempatkan paling bawah, maka campuran akan cenderung gemuk/kaya.

9. Pasang kembali karburator pada intake manifold.Kemudian setel putaran stasioner mesin anda. Caranya ialah:

Ø  Hidupkan mesin sepeda motor Anda.

Ø  Kencangkan baut penyetal rpm, sehingga putaran mesin menjadi naik.

Ø  Kencangkan baut penyetel udara, lalu buka perlahan- lahan. dan perhatikan kenaikan rpm mesin dari suara mesin Anda. Semakin tinggi rpm mesin Anda, maka suara mesin Anda akan semakin keras juga.

Ø  Putar terus baut penyetel udara sampai anda mendapatkan suara mesin yang paling besar, jika anda ingain campuran bensin yang kaya. Atau sering pula disebut dengan setelan basah. Setel baut bebrapa putara sebelum posisi suara mesin paling keras, jika Anda ingin mendapatkan campuran bensin dan udara yang irit, atau sering disebut juga dengan setel kering. Adapung perbedaan dari setelan basah dan kering adalah pada perbedaan dari keiritan bensin dan akselearas dari sepeda motor tersebut. Jika kita menyetel dengan setelan basah , maka akselerasinya menjadi sangat baik anmun bensin jadi boros. Jika kita menyetel dengan setelan kering , maka akselerasinya akan menjadi kurang, namun bensin menjadi irit.

Fungsi Karburator pada Kendaraan Bermotor

Fungsi karburator ialah :

a.     Mengatur perbandingan campuran udara dan bahan bakar.

b.     Menjadikan campuran tersebut menjadi kabut.

c.     Menambah atau mengurangi jumlah campuran sesuai dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah.

Sejak sebuah motor dihidupkan hingga motor berjalan pada kondisi yang stabil, mengalami beberapa kali perubahan perbandingan campuran. Jika motor dihidupkan dalam keadaan dingin perbandingan tersebut bahkan diperlukan 1 : 1. Kemudian sesudah hidup berubah menjadi 11,5 : 1. Untuk tenaga yang maximum perbandingan yang diperlukan sekitar 12 : 1 dan pada keadaan 80 sampai 90% kecepatan maksimum (kecepata ideal) perbandingannya ialah 16 : 1.

Pada jenis karburator yang modern, pengatur campurannya dapat bekerja secara otomatis, perbandingan campuran udara dan bensin 15 : 1. Campuran bensin dan udara yang terlalu tipis dapat mengakibatkan :

a.     Motor lekas menjadi panas.

b.     Katup buang dapat terbakar.

c.     Pelumasan pada dinding-dinding silinder kurang baik, minyak banyak turut terbakar.

d.     Tenaga motor berkurang

Kemudian timbul ledakan-ledakan didalam karburator sehingga dapat menimbulkan kebakaran.

Campuran bensin dan udara terlalu boros, dapat mengakibatkan :

a.     Motor menjadi panas

b.     Gas buang berwarna hitam.

c.     Dapat menimbulkan ledakan-ledakan di dalam atau pada ujung pipa buang.

d.     Pemakaian bahan bakar terlalu boros.

Macam-macam Konstruksi Karburator Berdasarkan Kedudukan Manifol

Terhadap letak manifold, karburator dibedakan atas :

A. Karburator aliran bawah (turun)

Karburator aliran bawah, arah aliran udara dengan bensin saling berlawanan, bensin jatuh mudah untuk dilayani karena tempatnya di bagian atas, tapi unit motornya menjadi lebih tinggi oleh adanya saringan udara di atas karburator.

Gambar. Karburator Arus Turun (aliran ke bawah)

B. Karburator aliran horizontal (rata)

Karburator aliran horizontal (rata) digunakan pada motor-motor kecepatan tinggi. Manifold isap dapat dibuat lebih pendek sehingga kerugian gesek berkurang dan rendeman pengisian bertambah (Gambar 3)., dan dipakai oleh beberapa merek saja misalnya karburator S.U.

Gambar. Karburator Arus Rata (aliran horizontal)

C. Karburator arus naik (aliran ke atas)

Karburator aliran ke atas yang dipergunakan adalah jarang disebabkan rendeman pemasukan jelek karena bensin harus diisap ke atas Identifikasi karburator sekarang lebih dikenal berdasarkan pabrik yang membuatnya dan modelnya. Nama – nama yang dikenal ialah :

Ø  Stromberg, Rochester, Zenith, Carter dan Holley buatan Amerika

Ø  S.U. dan Zenith buatan Inggris

Ø  Solex buatan Prancis

Ø  Weber buatan Itali

Gambar Karburator Arus Naik (aliran ke atas)
Baca juga :

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.